Keajaiban Sholat Subuh

Sungguh, masjid-masjid di seluruh penjuru dunia ini merintih pedih dan mengeluh kepada Allah karena dijauhi oleh mayoritas kaum muslimin ketika sholat Subuh tengah dilaksanakan. Kalau bukan karena ketentuan Allah bahwa benda-benda mati itu tidak bisa bicara, tentu manusia dapat mendengar suara rintihan dan gemuruh tangis masjid-masjid itu mengadu kepada Robbnya Yang Agung.

Masjid-masjid itu semakin merintih tatkala diwaktu jamaah sholat Subuh ditegakkan, keadaan dirinya laksana “panti jompo” saja, karena hanya dihadiri oleh orang-orang yang telah lanjut usia, itu pun hanya beberapa gelintir orang saja. Dimanakah kaum muda kita? Di manakah mereka, yang begitu bersemangat menghadiri jamaah sholat Jumat, namun merasa berat dan malas tatkala menghadiri jamaah sholat Subuh di waktu pagi buta itu? Tidak tahukah mereka bahwa Rasul telah bersabda, “Sholat terberat bagi orang-orang munafik adalah sholat isyak dan subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua sholat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupn harus merangkak.” (HR. Ahmad)

Wahai saudaraku, yang mengkhawatirkan anak-anaknya kelak masuk neraka, lakukanlah sholat subuh, perintahkan keluargamu untuk melaksanakannya, dan bersabarlah dalam melaksanakannya, niscaya engkau dan anak-anakmu akan berada dalam jaminan Allah.

“Demi fajar, dan malam yang sepuluh, dan yang genap dan yang ganjil, dan malam bila berlalu. Pada yang demikian itu terdapat sumpah (yang dapat diterima) oleh orang-orang yang berakal.” (Al-Fajr [89] : 1-5)

Penulis tafsir Sayyid Quthb berkata setelah menyebutkan ayat-ayat ini, “Ayat-ayat ini bukan sekedar kata-kata dan lafazh, ia adalah nafas-nafas yang terkandung dalam waktu fajar, dan titik-titik embun yang bercampur dengan wewangian, seruan keselamatan yang melegakan hati, itulah udara fajar, udara yang sangat familiar dan sangat menyenangkan, di saat spririt ibadah yang khusuk bertemu dengan nafas alam yang tenang, disaat ruh-ruh yang tunduk beribadah dan ruh-ruh malam hari pilihan serta ruh fajar yang indah saling memberikan respon. Waktu fajar, yang merupakan saat-saat kehidupan mulai bernafas dalam kemudahan, kegembiraan, senyuman, keakraban, kecintaan, dan kerelaan hati. Saat dimana alam yang tertidur mulai bangun pelan-pelan, seolah nafas-nafasnya saling berbisik dan seolah suasana merekahnya adalah doa.

“Maka sabarkah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Robbmu, sebelum terbit dan terbenamnya matahari,” (Thoha [20] : 130)

Siapa saja yang memperbagus hubungannya dengan Allah dan bertasbih dengan baik pada waktu sebelum terbitnya matahari dan tenggelamnya, maka ia akan memperoleh kenikmatan berupa sifat ridho.

Rasa ridho (senang, bahagia) adalah buah dari tasbih dan ibadah. Itulah satu-satunya ganjaran yang langsung datang dan tumbuh dari dalam jiwa, serta tumbuh dalam relung hati, maka hadapkanlah dirimu kepada Robbmu dengan ibadah, “Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka.” (Thoha [20] : 131)

Ini bukan seruan untuk menjauhi kenikmatan hidup. Akan tetapi, seruan untuk menyadari kemuliaan diri dengan menyandang nilai-nilai mendasar dan kekal, dengan hubungan kepada Alloh dan ridho kepada-Nya, supaya jiwa tidak terjatuh dihadapan gemerlapnya materi yang melimpah, dan tidak kehilangan harga dirinya dengan nilai-nilai yang tinggi, dan supaya ia selalu merasakan kebebasan sikap merasa tinggi diatas hiasan-hiasan semu yang menyilaukan pandangan.

Inilah sebagian sisi pemandangan Al-Quran yang menggambarkan betapa nikmatnya sholat Subuh dan bertasbih di waktu Subuh. Semoga saja, dengan amalan-amalan ini Alloh akan membukakan penutup-penutup hati kita semua, memberikan rezeki kepada kita berupa rasa cinta kepada ibadah tersebut, dan menjadikannya sebagai penutup amal perbuatan kita.

Advertisements
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Comments

  • ahmedi  On July 3, 2007 at 10:40 pm

    Sholat Fajar bisa dijadikan barometer umat.

  • putri  On August 29, 2007 at 6:02 am

    Awali hari dengan mendengar adzan subuh dan bertasbih pada-Nya,,, Subhanallah,, indah nya…

  • irsan  On April 19, 2008 at 6:38 am

    sholat shubuh adalah di mana turunya rizki pada pagi hari untuk di tebarkan kemuka bumi dan barang siapa yang melakukan sholat shubuh sungguh mulianya di rinya di mata allah karna hidup ini penuh dengan ketergantungan dalam agama di mana kita melaksanakan sholat malaikat pun mulai menjatatamal baik kita dan apabila kita meningggalkan sholat dalam satu kali maka pahala kita tidak ada dan dosa yang akan bertambvah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: