PENERAPAN SISTEM INFORMASI DENGAN MEMANFAATKAN JARINGAN KOMUNIKASI TELEPON SELULER (HP) DAN WIFI UNTUK MENGAMATI WILAYAH KABUPATEN ENDEMI PENYAKIT MALARIA

Sistem kebanyakan dapat didefinisikan secara sederhana sebagai sekelompok elemen yang saling berhubungan atau berinteraksi hingga membentuk satu kesatuan. Akan tetapi, konsep umum sistem berikut ini memberikan konsep dasar yang lebih tepat untuk bidang sistem informasi yaitu sekelompok komponen yang saling berhubungan, bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur.

Sebelum tahun 1950, peranti komputasi memproses data menjadi bentuk informasi, sedangkan peranti komunikasi mengomunikasikan informasi yang terpisah oleh jarak. Dua aliran teknologi ini berkembang secara independen layaknya dua jalur pada jalan raya yang tak pernah bersatu. Akan tetapi dimasa kini muncullah kisah baru, sebuah revolusi yang biasa disebut konvergensi digital. Penyatuan komputasi dan komunikasi secara bertahap menjadi sebuah era informasi baru dimana informasi yang sama saling dipertukarkan diantara berbagai jenis peralatan yang menggunakan bahasa computer. Pada saat yang bersamaan terdapat konvergensi baru di dunia industry dalam banyak bidang diantaranya komputer, telekomunikasi, elektronik, hiburan juga media masa yang menghasilkan produk elektronik baru yang bisa menjalankan beragam fungsi.

Telepon selular (ponsel) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun saat ini beberapa fitur ditambahkan di alat tersebut diantaranya sebagai media player, kamera, video, gps, transfer data, juga sebagai jaringan komunikasi. Dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini Indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel yaitu sistem GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan sistem CDMA (Code Division Multiple Access).

Pemanfaatan SMS Gateway

SMS (Short Message Service) bukan hal yang baru di dunia teknologi mobile, tetapi fungsionalitasnya sudah berakar dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat kita. Walaupun teknologi seperti MMS, Blackberry Messenger, Nexian Messenger, chatting ataupun video call sedang berkembang, tetapi cara bertukar informasi dengan SMS dengan yang hanya menggunakan teks sederhana masih tetap menjadi pilihan utama. Tidak hanya terbatas hanya untuk sarana komunikasi pengganti percakapan lisan diantara dua orang, SMS saat ini juga digunakan sebagai alat untuk vooting, kuis, lelang, banking, order barang, promosi, undangan, payment dan lain sebagainya.

SMS bisa jadi populer tentunya karena punya kelebihan tersendiri dan kelebihan SMS itu justru terletak pada kesederhanaannya, sehingga mudah untuk diaplikasikan. Semua ponsel yang beredar memiliki fitur SMS, tidak perduli apakah ponsel tersebut mendukung 3G, touch screen, dual SIM card, atau hanya ponsel berlayar 1 baris seperti kalkulator. SMS juga tetap dapat dikirim walaupun ponsel si penerima sedang tidak aktif dalam limit waktu mirip dengan BBM, karena SMS menggunakan validity period. Penyampaian SMS juga biasanya lebih cepat jika dibandingkan dengan kita mengirimkan lewat messenger.

Pemanfaatan dari SMS Gateway selain untuk broadcasting (pengumuman, peringatan, pengingat, penerus pesan), bisa dimanfaatkan diantaranya untuk polling, voting, alat kontrol aktivasi, penjawab umpan balik otomatis (informasi sesuai database). Secara umum desain implementasi dari sistem SMS Gateway ini seperti terlihat pada gambar di bawah, contoh dibawah yaitu untuk penerapan sistem informasi untuk mengamati wilayah kabupaten endemi penyakit malaria. Harus disediakan komputer server yang dijadikan SMS server yang dilengkapi dengan GSM modem atau bisa menggunakan HP yang terhubung dengan server tersebut. Selanjutnya untuk menjalankan aplikasi ini dibutuhkan software yang diinstal di komputer server tersebut.

SMS gateway merupakan sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim atau menerima SMS, biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, servis informasi terhadap pengguna, penyebaran content produk / jasa dan lain lain. Untuk membuat sebuah SMS gateway, perlu mengenal hal-hal berhubungan dengan SMS gateway itu sendiri. Selain satu hal yang memegang peranan penting dalam pengiriman SMS adalah SMSC (Short Message Service Center). yang merupakan jaringan telepon selular yang menangani pengiriman SMS.

Malaria dan pencegahannya

Malaria adalah suatu infeksi pada bagian dari sel darah yaitu infeksi pada sel darah merah. Ditularkan oleh nyamuk yang membawa parasit yang menyebabkan malaria. Apabila nyamuk pembawa parasit ini menggigit, parasit dapat masuk ke dalam darah dan bertelur, yang kemudian akan berkembang, melakukan replikasi sehingga menjadi banyak, dan parasit tersebut hidup dari sel darah yang menjadikan sakit. Jika tidak dilakukan pengobatan, malaria dapat sangat fatal sehingga berakibat pada kematian seseorang.

Di Indonesia malaria merupakan salah satu penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat yang utama. penyakit malaria mempunyai pengaruh yang sangat besar pada angka kesakitan dan kematian bayi, anak balita dan ibu melahirkan, serta menyebabkan penurunan produktifitas kerja. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan diagnosa dini dan pengobatan yang tepat, serta pemantauan, pencegahan dan penanggulangan malaria secara dini. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah perlu adanya sistem surveilans.

Surveilans epidemilogi adalah suatu rangkaian proses pengamatan secara terus menerus sistematik dan berkesinambungan melalui pengumpulan, analisa dan interpretasi data kesehatan agar dapat dilakukan penanggulangan yang efektif dan efisien. Gambar dibawah merupakan diagram konteks jalannya sistem.

Dengan melihat gambar jaringan komunikasi dan diagram konteks yang ada, data yang masuk berasal dari puskesmas-puskesmas di tingkat kecamatan dikirim melalui sebuah telepon seluler (HP) dan diterima oleh SMS server yang sudah terpasang modem GSM. Didalam server tersebut terpasang aplikasi untuk SMS Gateway. Data yang masuk ke SMS server secara otomatis terkirim juga ke server database, bisa menggunakan Oracle, MS SQL Server, MySQL dan lain sebagainya. Server database terebut datanya akan di akses oleh server aplikasi yang berisi aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan. Didalam Server aplikasi diinstal web server, bisa menggunakan Apache, IIS dari Microsoft atau yang lainnya. Untuk bahasa pemrograman untuk pengembangan progam terdapat beberapa pilihan, diantaranya PHP, ASP dan JSP. Sistem yang dikembangkan tersebut bisa juga digunakan untuk penyakit lainnya juga.

Advertisements
Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: